PROFESSIONAL FELLOWS
Wednesday December 12, 2018

Pejabat Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyebutkan, di setiap kecamatan sudah ada disiapkan Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang menerima khusus anak-anak inklusi atau berkebutuhan khusus.

"Jadi tidak ada istilahnya anak-anak inklusi tidak bisa sekolah di daerah ini, sebab sudah ada disiapkan disetiap kecamatan beberapa sekolah khususnya," ujar Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Nuryadi di Banjarmasin, Senin.

Sehingga, lanjut dia, orangtua yang kebetulan diberi amanah memiliki anak berkebutuhan khusus itu tidak perlu khawatir akan kelanjutan pendidikan anaknya setelah lulus Taman Kanak-Kanak (TK).

Diantara SDN inklusi itu, ucap Nuryadi, di Kecamatan Banjarmasin Utara ada SDN Banua Anyar 8 dan SDN Banua Anyar 4, demikian juga SDN Sungai Miai 5.

"Di setiap kecamatan ada beberapa disiapkan SDN yang bisa menerima anak-anak inklusi ini tanpa batas jumlahnya," tutur Nuryadi.

Tapi, kata dia, untuk SDN yang belum khusus, tetap juga harus menerima anak-anak inklusi ini untuk anak didiknya, yakni, besarannya 2 persen dari total penerimaan jumlah siswa barunya.

"Kita juga sudah ada menganggarkan honor guru yang mengajar anak-anak inklusi ini, tentunya yang tercatat di dinas pendidikan," paparnya.

Menurut dia, katagore anak inklusi tersebut harus didasarkan surat keterangan dokter fisikolog, tidak bisa didasarkan penilaian pihak sekolah atau guru bahkan orangtuanya sendiri.

Dikatakan dia, anak-anak yang berkebutuhan khsusu ini memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang baik dari negera, sehingga setiap sekolah wajib pula menerimanya.

Menurut dia, ada sebanyak 207 SDN di Kota Banjarmasin ini yang sudah melakukan penerimaan siswa baru sejak 9-10 Mei 2017 tadi, semua sekolah diminta mengutamakan menerima siswa melihat berdasarkan umurnya, yakni, minimal 6,5 tahun dan domisilinya yang berdekatan sekolah tersebut wajib diterima.

Sumber: antarakalsel.com

Berita & Artikel Kota Inklusif

Agenda | Events

DIGITECH INDONESIA Digital Transformation dan Industries 4.0 https://www.digitech.id/register

digitech2018

black shapes

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

Mitra | Partners

cim  giz  iclei  icma  mercycorps indonesia  uclg-ascpa  unesco yipd  citiasia  tau  u pertamina  posindonesia

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Komplek Rasuna Epicentrum
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

© 2000-2018 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia

 

We have 338 guests and no members online