BERANDA|HOME
Saturday October 19, 2019
Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

There are no articles in this category. If subcategories display on this page, they may have articles.

Subcategories

News Highlighter

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas maka salah satu tugas dan fungsi pemerintah daerah adalah memfasilitasi para penyadang disabilitas dengan fasilitas yang memadai dan mengembangkan daerahnya menjadi kota yang inklusif.

Dalam upaya melaksanakan amanah tersebut sejumlah pemerintah kota telah mengembangkan sejumlah program dalam upaya menjadikan daerahnya menjadi kota inklusif.

Dalam upaya tersebut UNESCO Jakarta telah memberikan dukungan kepada sejumlah pemerintah kota tersebut. Jaringan kota-kota yang cukup aktif dalam mengembangkan kota inklusif ini, merasakan perlu adanya forum yang lebih solid untuk mendiskusikan berbagai kebijakan, pengetahuan dan pengalaman dalam membangun kota inklusif. Untuk itu sejak bulan September 2016 APEKSI mulai menjalin komunikasi dengan UNESCO Jakarta untuk upaya pengembangan Jaringan Kota Inklusif.

Maka pada tanggal 30 Maret 2017, APEKSI bekerja sama dengan UNESCO Jakarta melaksanakan pertemuan pertama untuk mendiskusikan upaya pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Menuju Kota Inklusif di Jakarta. Pertemuan yang dihadiri perwakilan dari 7 pemerintah kota yang kemudian disepakati menjadi cikal anggota Pokja Menuju Kota Inklusif, menyepakati beberapa hal termasuk aturan Pokja dan piagam Kota Inklusif.

Saat ini pemerintah kota yang tergabung dalam Pokja Kota Inklusif:

  1. Ambon
  2. Banda Aceh
  3. Banjarmasin
  4. Denpasar
  5. Metro
  6. Mojokerto
  7. Padang
  8. Yogyakarta

Susunan Pengurus Kelompok Kerja Menuju Kota Inklusif APEKSI merupakan hasil Pertemuan Kedua tanggal 30 Agustus 2017:

  • Ketua: Heroe Poerwadi (Wakil Walikota Yogyakarta)
  • Wakil Ketua: Jose Rizal (Kota Padang)
  • Sekretaris: Ria Andari (Kota Metro)
  • Bendahara: Edy Muhammad (Kepala Bappeda Kota Yogyakarta)

In accordance with Law No. 8 of 2016 concerning Persons with Disabilities, one of the duties and functions of local government is to facilitate the incidents of disability with adequate facilities and develop the area into an inclusive city.

In an effort to implement the mandate a number of municipal governments have developed a number of programs in an effort to make the region an inclusive city.

In this effort UNESCO Jakarta has provided support to a number of city governments. The networks of cities that are quite active in developing this inclusive city feel the need for a more solid forum to discuss policies, knowledge and experience in building an inclusive city. For that since September 2016 APEKSI began to establish communication with UNESCO Jakarta for the efforts of development of Inclusive City Network.

So on March 30, 2017, APEKSI in collaboration with UNESCO Jakarta held its first meeting to discuss efforts to form Working Group Towards Inclusive City in Jakarta. The meeting, which was attended by representatives from 7 municipal governments who then agreed to be the forerunner of the Working Group Towards an Inclusive City, agreed on several matters including working group rules and the Inclusive City Charter.

And now, municipalities incorporated in Inclusive City Working Group, the one of result the second meeting at August, 30 2017:

  1. Ambon
  2. Banda Aceh
  3. Banjarmasin
  4. Denpasar
  5. Metro
  6. Mojokerto
  7. Padang
  8. Yogyakarta

Organizational Structure of the Working Group Inclusive City APEKSI:

  • Chairman: Heroe Poerwadi (Vise Mayor of Yogyakarta)
  • Vice Chairman: Jose Rizal (Padang City)
  • Secretary: Ria Andari (Metro City)
  • Treasurer: Edy Muhammad (Head of Bappeda Kota Yogyakarta)

Leadership Ownership and Capabilities for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholder Empowerment

Pemerintah Daerah adalah pemain kunci dalam pencapaian Agenda 2030 atau disebut juga Sustainable Development Goals (SDGs) / Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Pelibatan Pemerintahan Daerah dalam pelaksanaan TPB adalah aktivitas advokasi yang sedang dilakukan oleh UCLG -ASPAC (United Cities and Local Government – Asia Pasific)dengan penekanan pada pentingnya melokalkan TPB sebagai proses dari pemberdayaan Pemerintah Daerah.

UCLG ASPAC, bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintaan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan dukungan Uni Eropa, menjalankan perannnya sebagai bagian SDGs Global Task Force melalui pembentukan program melokalkan SDGs di Indonesia. Program LOCALISE – Leadership, Ownership, Capacity for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholders Empowerment menjadikan Peraturan Presiden no 59 Tahun 2018 tentang pelaksanaan TPB sebagai payung hukum di tataran nasional.


 

Saat ini persaingan tidak hanya terjadi di tingkat negara, tapi persaingan telah sampai antar daerah di dunia. Daerah-daerah dengan daya tarik yang tinggi, akan memiliki daya saing yang lebih baik dibandingkan daerah yang tidak mampu mengembangkan daya tarik. Untuk itu, sebuah daerah haruslah memiliki Paparan Media/Media Exposure yang kuat untuk dapat dikenal di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat global.

Sehubungan dengan hal tersebut, APEKSI bekerjasama dengan Liputan 6 menyelenggarakan Bimbingan Teknis City Digital Media Exposure DIGI X Liputan 6 yang rencananya akan diselenggarakan pada:

  • Hari/Tanggal: Rabu, Kamis & Jumat, 30 Oktober - 1 November 2019
  • Tempat: Kantor KLY Gondangdia JI. Raden Panji (RP) Soeroso No. 18, Menteng - Jakarta Pusat

Bimbingan Teknis (Bimtek) ini diselenggarakan sebagai upaya Aparatur Pemerintah Kota untuk: Meningkatkan kompetensi dalam Mobile Journalism; Melatih kemampuan dan keahlian dalam menulis untuk video digital & artikel serta kunjungan ke newsroom & studio: Liputan 6, SCTV dan Indosiar.

Biaya Bimtek sebesar Rp 3.500.000,- (tigajuta limaratus ribu rupiah) perorang dengan mendapatkan fasilitas berupa: 20 Jam Pelatihan, Tutorial, Sertifikat Pelatihan dan Konsumsi selama pelatihan. Akomodasi dan transportasi selama Bimtek ditanggung masing-masing peserta.

Konfirmasi kehadiran paling lambat hari Jumat, 25 Oktober 2019. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat APEKSI dengan nomor telepon: 021 8370 4703 atau Sdr. H. Devy Munir (HP.: 0812 2323 4980/email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.) dan Liputan 6 dengan Sdr. Abdul Hadi (HP.: 0811 137 772/email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

Dokumen terkait Bimtek ini berupa Undangan untuk anggota, informasi bimtek dan lembar konfirmasi dapat diunduh/download di Library atau apeksi.xyz/digix.


 

Kota Barcelona dan Fira Barcelona mengundang APEKSI untuk menghadiri Smart City Expo World Congress ke-9 yang akan berlangsung tanggal 19-21 November 2019 di Kota Barcelona, Spanyol.

Kota adalah pendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, kemakmuran dan kesejahteraan sosial. Tantangan dunia global sangat besar. Dalam menghadapinya, dibutuhkan pendekatan holistik dan trans-disipliner yang memungkinkan untuk memahami peran kepemimpinan kota dan banyaknya sistem yang saling berinteraksi, baik teknis, finansial atau sosial.

Smart City Expo World Congress dimulai pada tahun 2011 dengan visi mengkatalisasi inisiatif cerdas menjadi kota yang berkelanjutan dan berkembang. Delapan tahun kemudian, kegiatan ini disambut sebagai acara terkemuka di dunia untuk kota-kota. Pada setiap bulan November acara ini menyambut para pemangku kepentingan perkotaan tingkat tertinggi: pemerintah, organisasi internasional, perusahaan, wirausahawan, pemula, peneliti dan inisiatif warga.

Kota Barcelona siap menyambut lebih dari 21.300 pengunjung profesional dan lebih dari 844 peserta pameran, bersama dengan perwakilan tingkat tinggi dari lebih dari 700 kota dari 146 negara, yang banyak di antaranya akan memamerkan proyek mereka di salah satu 60 paviliun dari kota dan negara. Diharapkan sebagai kongres yang paling menggairahkan dan produktif hingga saat ini, yang menghadirkan lebih dari 400 pakar dan pemikir terkemuka internasional selama acara 3 hari.

Pada Kongres ini, we dare to keep on dreaming of a smart urban revolution/berani terus memimpikan kota pintar yang revolusi di mana solusi iklim inovatif berjalan seiring dengan pertumbuhan ekonomi, kota-kota tangguh yang berkembang dalam tantangan dunia, kota-kota di mana transportasi hidup berdampingan dengan opsi mobilitas baru, yang menangani masalah keamanan dan privasi dan kota inklusif di mana kolaborasi menjadi fokus utama membangun masa depan yang lebih baik.

Tetap berkomitmen untuk membangun komunitas urban di mana kota-kota bertemu kota-kota lain, menyatukan pengetahuan mereka dan menemukan solusi terdepan dan tempat perusahaan berbisnis. Tempat untuk berbagi penelitian dan best practices/praktik terbaik, untuk menjalin kemitraan strategis dan mempromosikan pemikiran out-of-the-box dan pada akhirnya, platform jaringan luar biasa untuk menghubungkan orang-orang yang bekerja di dalam dan dengan kota-kota di seluruh dunia yang menghadapi tantangan serupa dan menghasilkan peluang untuk aksi.

APEKSI menjalin kerjasama dengan Fira Barcelona selaku penyelenggara dan Atase Perdagangan Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia berharap anggota APEKSI dapat mengikuti kegiatan yang penting ini dan dapat memberikan informasi kehadirannya segera untuk mendapatkan harga tiket khusus dalam kongres dan expo.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. Devy Munir (Manajer Komunikasi dan Informasi) di nomor HP +62 81223234980 atau email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

Undangan atau dokumen pendukung lainnya dapat diunduh/download di Library atau apeksi.xyz/scewc2019.


 

Berita & Artikel Kota Inklusif

AGENDA|EVENTS

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x


 

Milis | Mailing List

Berlangganan milis kami | Subscribe to our mailing list
Please wait

Flag Counter

black shapes

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi 2018

Profil dalam Bahasa Indonesia - Profile in English | Presentasi Profil dalam Bahasa Indonesia - Profile Presentation in English

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
 

  
 
apeksipeta

Mitra | Partners

yipdbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasia

 

© 2000-2019 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities