BERANDA|HOME
Thursday December 12, 2019

TANGERANG. Pemerintah Kota Tangerang selaku tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah III APEKSI 2019 tanggal 4-6 Desember 2019 dengan tema: Menuju Pemerintahan Kolaboratif menghadapi Ekonomi Industri 4.0.

Kegiatan diawali dengan Welcome Dinner. Walikota Tangerang memberikan sambutan selamat datang untuk para peserta dan hiburan dengan penampilan Fathin Shidqiya sebagai puncak acara pada tanggal 4 Desember 2019. 

City tour mengawali kegiatan hari ke-2 (5/12), tujuan pertama: Taman Potret & Kunci, melintasi: Taman Gajah Tunggal, Kampung Bekelir, Cisadane Walk, singah di Kampung Markisa, Jembatan Berendeng, melintasi: Masjid Raya Al Azhom dan singgah: Tangerang Live Room dan Tangerang City Gallery.

Jakarta - Menteri Dalam Negeri Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D menyiapkan penguatan Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) pada Perwakilan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Menurutnya, penguatan APIP penting dilakukan sebagai pencegahan kasus tindak pidana korupsi dalam lingkungan Pemerintahan.

"Salah satu yang lain adalah mengedepankan fungsi APIP, aparat pengawas internal untuk mencegah tindak pidana korupsi," kata Mendagri usai menerima audiensi Perwakilan APEKSI di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Tak hanya itu, Mendagri juga menitikberatkan pada pelibatan aparat penegak hukum lainnya termasuk dalam pendampingan APIP.

 

JAKARTA. APEKSI memfasilitasi 5 Kota dalam Clinic Workshop on Water Utility Financing yang diselenggarakan World Bank tanggal 25-27 November 2019 di GranDhika Hotel.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan peluang bagi pemerintah daerah dan PDAM untuk berdiskusi langsung dan berkonsultasi tentang mengidentifikasi dan memilih sumber yang cocok untuk berbagai jenis investasi, dan untuk mengidentifikasi potensi dukungan dan kolaborasi yang dapat disediakan oleh Kelompok World Bank: IBRD - IDA dan IFC untuk pemerintah daerah dan PDAM.

Kota-kota yang mengikuti kegiatan ini, antara lain: Balikpapan, Bogor, Semarang, Surabaya dan Palembang.

 

 

 

BANDUNG. Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas - Institut Teknologi Bandung yang didukung APEKSI menyelenggarakan Goesmart 2019 Smart Cities Week - Transformation Toward Smart X tanggal 18-20 November 2019 di Kampus ITB.

Rangkaian kegiatan ini, antara lain: Rating Kota Cerdas Indonesia ke-3, Seminar Nasional dan Internasional serta Smart ASEAN Forum yang membahas perkembangan kota cerdas, permasalahan yang muncul dan upaya-upaya serta inovasi yang dikembangkan untuk membangun kota yang lebih baik dan beberapa diskusi.

Kegiatan pembukaan diawali laporan ketua penyelenggara, Prof Suhono Supangkat dilanjutkan dengan sambutan Walikota Bandung yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Anton Sunarwibowo, sambutan Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Airin Rachmi Diany dan sambutan Rektor ITB yang diwakili oleh Wakil Rektor, Bambang Riyanto Trilaksono sekaligus membuka secara resmi dengan pemukulan gong, dilanjutkan dengan 4 keynote speaker, antara lain: Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Kementerian Ristek dan Teknologi dan Kementerian Dalam Negeri.

JAKARTA. APEKSI dan Tarsus Indonesia menyelenggarakan Konferensi Intertraffic - Strategi Pembiayaan Infrastruktur di Daerah untuk Mendukung Pengembangan Smart City di Indonesia pada tanggal 7 November 2019 di Hall A JIE Kemayoran.

Narasumber konferensi ini, antara lain:

  • Bambang Dwi Anggono - Kementerian Komunikasi dan Informatika;
  • Putri Intan Suri - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat;
  • Yudistira Nugraha - Jakarta Smart City.

Setelah paparan, dilanjutkan dengan diskusi panel bersama ke-3 narasumber dipimpin oleh Sri Indah Wibi Nastiti, Direktur Eksekutif APEKSI.

Materi konferensi ini dapat diunduh/download di Library atau apeksi.xyz/intertraffic2019

 

JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika yang didukung Kompas Gramedia menyelenggarakan Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 pada tanggal 4-6 November 2019 di Balai Sudirman Tebet.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kompas Gramedia dan Menteri Komunikasi dan Informatika sekaligus membuka secara resmi Gerakan Menuju 100 Smart City 2019, dilanjutkan dengan kunjungan ke pameran dari 75 kota/kabupaten peserta Gerakan Menuju 100 Smart City dari tahun 2017 hingga 2018 yang menampilkan rencana induk serta implementasi program smart city yang telah dilaksananakan.

Direktur Eksekutif APEKSI menjadi narasumber sesi Talkshow bersama Bakti Kominfo dan Nodeflux dengan tema Gesit Melayani dengan Teknologi.

 

TANGERANG SELATAN. APEKSI dan World Bank menyelenggarakan FGD Opportunities for Integrated Urban Water Management in Jabodetabek Metropolitan Area/Peluang untuk Pengelolaan Air Perkotaan Terpadu Wilayah Metropolitan Jabodetabek tanggal 31 Oktober - 1 November di Aviary Bintaro.

Kegiatan ini merupakan studi yang bertujuan untuk berkontribusi pada penyusunan Strategi Nasional Indonesia tentang Pengelolaan Air Perkotaan Terpadu. Melalui penelitian mendalam dan keterlibatan dengan pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya di wilayah metro Jabodetabek yang didukung oleh Universitas Nasional Singapura.

JAKARTA. APEKSI dan Liputan 6 menyelenggarakan Bimbingan Teknis City Digital Media Exposure DIGI X Liputan 6 hingga 1 November di Kantor KLY Gondangdia.

Bimbingan Teknis (Bimtek) ini diselenggarakan sebagai upaya Aparatur Pemerintah Kota untuk: Meningkatkan kompetensi dalam Mobile Journalism; Melatih kemampuan dan keahlian dalam menulis untuk video digital & artikel serta kunjungan ke newsroom & studio: Liputan 6, SCTV dan Indosiar. 

Bambang Dwi Anggono Kemenkominfo sebagai pembicara tamu dalam Bimtek ini, meyampaikan pentingnya peranan media sosial bagi pemerintah daerah dan fungsi Bagian Hubungan Masyarakan (Humas) yang menjadi sumber informasi pemerintah daerah serta akan segera membenahi struktur Humas yang seharusnya menjadi salah satu bagian dari Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Daerah. 

 

JAKARTA. Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dengan APEKSI dan APKASI tanggal 29 Oktober 2019 di DPD RI Senayan.

Rapat RDP dipimpin oleh Ketua KOMITE I DPD RI, Teras Narang membahas tentang isu-isu terkait otonomi daerah, pemerintahan daerah serta hubungan pusat dan daerah.

Dari APEKSI dipimpin Walikota Parepare dan delegesi yang hadir antara lain: Walikota Balikpapan, Walikota Binjai, Walikota Kupang, Walikota Pekanbaru, Walikota Lubuklinggau, Walikota Yogyakarta, Walikota Batu.

Adapun poin-poin penting yang disampaikan dalam RDP, sebagai berikut:

Berita & Artikel Kota Inklusif

AGENDA|EVENTS

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x


 

Milis | Mailing List

Berlangganan milis kami | Subscribe to our mailing list
Please wait

Flag Counter

black shapes

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi 2018

Profil dalam Bahasa Indonesia - Profile in English | Presentasi Profil dalam Bahasa Indonesia - Profile Presentation in English

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
 

  
 
apeksipeta

Mitra | Partners

yipdbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasia

 

© 2000-2019 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities