BERANDA|HOME
Thursday December 12, 2019

JAKARTA. Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Forum Kemitraan Multi-Pihak (MSP Day) dengan mengambil tema “Berbagi Praktik Inovasi Kemitraan Multi-Pihak dalam Pembangunan untuk Pencapaian Agenda 2030”. Forum ini terselenggara atas kerjasama dengan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, United Cities and Local Government Asia Pacific (UCLG ASPAC), dan International Association for Public Participation (IAP2) Indonesia. 

MSP Day yang dilaksanakan pada tanggal 20 November 2019 di Auditoriun Bina Karna Bidakara tersebut, merupakan forum antar pemangku kepentingan sebagai sarana untuk menginstitusionalisasikan pelaksanaan Kemitraan Multi-Pihak (KMP) pertukaran pengetahuan, inovasi, dan praktik baik dalam mendukung pencapaian TPB/SDGs di Indonesia. KMP menjadi salah satu instrumen yang penting dalam rangka pelaksanaan TPB/SDGs yang inklusif di Indonesia.

BANDUNG. Connective Cities GIZ bersama Ruang-Waktu Knowledge Hub dengan kolaborasi APEKSI, Pemerintah Kota Bandung, ITB dan UCLG ASPAC menyelenggarakan Connective Cities - Towards Green Urban Infrastructure for Asian Cities tanggal 19-21 November 2019 di Kampus ITB.

Kegiatan dipandu Wicaksono Sarosa dan diawali dengan paparan mengenai Connective Cities oleh Fatina Toukan dan sambutan pembukaan oleh Oded Danial, Walikota Bandung. Dilanjutkan dengan 3 hari program workshop dan pada hari-3, merupakan kunjungan lapangan/site visit ke Wetland Park Cisurupan yang dipandu Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung.

Peserta dari kota-kota Asia, Indonesia: Bandung, Balikpapan, Bogor, Semarang, Palembang, Jambi, Kendari, Malaysia: Hang Tuah Jaya, Nepal: Nepalgunj, Tulsipur, Dhangadhi dan Jerman: Hagen.

BANDUNG. Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas - Institut Teknologi Bandung yang didukung APEKSI menyelenggarakan Goesmart 2019 Smart Cities Week - Transformation Toward Smart X tanggal 18-20 November 2019 di Kampus ITB.

Rangkaian kegiatan ini, antara lain: Rating Kota Cerdas Indonesia ke-3, Seminar Nasional dan Internasional serta Smart ASEAN Forum yang membahas perkembangan kota cerdas, permasalahan yang muncul dan upaya-upaya serta inovasi yang dikembangkan untuk membangun kota yang lebih baik dan beberapa diskusi.

Kegiatan pembukaan diawali laporan ketua penyelenggara, Prof Suhono Supangkat dilanjutkan dengan sambutan Walikota Bandung yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Anton Sunarwibowo, sambutan Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Airin Rachmi Diany dan sambutan Rektor ITB yang diwakili oleh Wakil Rektor, Bambang Riyanto Trilaksono sekaligus membuka secara resmi dengan pemukulan gong, dilanjutkan dengan 4 keynote speaker, antara lain: Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Kementerian Ristek dan Teknologi dan Kementerian Dalam Negeri.

APEKSI bekerjasama dengan Internasional City/County Management Association (ICMA) kembali menyelenggarakan Program Professional Fellows Bidang Lingkungan Berkelanjutan (Environment Sustainability Professional Fellows) di Amerika Serikat.

BOGOR. Mayor Caucus 2019 diselenggarakan 9 September 2019 di Balaikota Bogor dalam rangkaian 55th ISOCARP World Planning Congress, Mayor Caucus 2019 digagas oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia yang didukung Pemerintah Kota Bogor, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan APEKSI.

Walikota Bogor selaku tuan rumah sekaligus moderator dalam diskusi tersebut menjelaskan kegiatan Mayor Caucus 2019 bertujuan untuk memberikan ruang bagi para walikota untuk mendiskusikan peran kota-kota dan kepemimpinan daerah dalam menyukseskan pencapaian tujuan-tujuan di dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

 

Kota Barcelona dan Fira Barcelona mengundang APEKSI untuk menghadiri Smart City Expo World Congress ke-9 yang akan berlangsung tanggal 19-21 November 2019 di Kota Barcelona, Spanyol.

Kota adalah pendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, kemakmuran dan kesejahteraan sosial. Tantangan dunia global sangat besar. Dalam menghadapinya, dibutuhkan pendekatan holistik dan trans-disipliner yang memungkinkan untuk memahami peran kepemimpinan kota dan banyaknya sistem yang saling berinteraksi, baik teknis, finansial atau sosial.

Smart City Expo World Congress dimulai pada tahun 2011 dengan visi mengkatalisasi inisiatif cerdas menjadi kota yang berkelanjutan dan berkembang. Delapan tahun kemudian, kegiatan ini disambut sebagai acara terkemuka di dunia untuk kota-kota. Pada setiap bulan November acara ini menyambut para pemangku kepentingan perkotaan tingkat tertinggi: pemerintah, organisasi internasional, perusahaan, wirausahawan, pemula, peneliti dan inisiatif warga.

TOMOHON. Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri acara pelepasan Tournament of Flower, Tomohon International Flower Festival 2019, Kamis (8/8). Pelepasan yang dilakukan di jalan Babe Palar itu diiringi Tari Kabasaran atau tari perang tradisional Minahasa.

Dalam event ini, diluncurkan varietas bunga Iriana Tomohon yang dinilai Menpar Arief mampu menarik perhatian wisatawan.

"Saya ingin mengabarkan hal-hal baik saja. Pertama, saya ucapkan selamat karena, TIFF 2019 sudah menjadi trending topic. Yang artinya perhatian masyarakat terpusat ke Tomohon. Sekali lagi selamat," katanya.

Ditambahkannya, TIFF masuk dalam 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata. Berdasarkan laporan Tim Kurator Kemenpar, TIFF dipastikan kembali masuk dalam Calendar of Event 2020.

BAKU – Inovasi pelayanan publik dari Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Setelah sistem Early Diagnosis and Treatment (EDAT) dari Kab. Teluk Bintuni menjuarai United Nations Public Service Award (UNPSA) 2018, kini inovasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Inovasi BNPB yang diberi nama PetaBencana.id, berhasil meraih juara pertama dalam kategori Memastikan Pendekatan Terintegrasi dalam Lembaga Sektor Publik pada UNPSA 2019 yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menerima piala dan piagam dengan didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa serta perwakilan dari BNPB, Sestama BNPB Dody Ruswandi dan inovator Yayasan PetaBencana.id Mahardika Fatmastuti. Penyerahan penghargaan dilakukan di Heydar Aliyev Center, Baku, Azerbaijan, Senin (24/06).

“Selamat atas penghargaan yang telah diperoleh BNPB, semoga inovasi ini dapat terus dikembangkan dan berguna bagi masyarakat Indonesia,” ujar Menteri Syafruddin usai acara.

Penghargaan ini adalah bukti nyata, bahwa Bangsa Indonesia semakin responsif terhadap kemajuan pelayanan publik. Dengan adanya penghargaan ini, Indonesia semakin dikenal oleh bangsa lain melalui UNPSA.

Keikutsertaan inovasi dari Indonesia dalam UNPSA sudah sejak tahun 2014 lalu, dengan menghadirkan lima inovasi menjadi finalis. Pada tahun 2015, ada dua runner up dan tiga finalis dalam UNPSA. Tiga tahun kemudian, yakni tahun 2018, Sistem EDAT menjuarai ajang bergengsi tersebut. Pada 2019, satu inovasi dari Indonesia ciptaan BNPB kembali menjuarai UNPSA. “Ini menjadi momentum supaya Indonesia semakin dihargai di dunia,” imbuhnya.

PetaBencana.id merupakan sebuah platform gratis berbasis website yang menghasilkan visualisasi spasial dari informasi bencana secara real time. Platform ini memanfaatkan penggunaan media sosial dan pesan instan selama kejadian bencana untuk mengumpulkan dan menyaring kondisi terkini yang terkonfirmasi dari penduduk di lokasi sekitar kejadian.

Platform yang sebelumnya bernama PetaJakarta.org, dikembangkan BNPB bersama Massachusetts Institute of Technology (MIT), USAID, Pacific Disaster Center (PDC), Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) dan BPBD DKI Jakarta. Saat terjadi banjir di Jakarta 2017 lalu, platform ini secara cepat dapat menghimpun data dan informasi banjir secara cepat dan realtime. Pada saat itu, ribuan masyarakat melaporkan banjir dan PetaBencana.id diakses lebih dari 500 ribu pengguna dalam waktu kurang dari 12 jam, sehingga dampak bencana terpetakan secara cepat.

Ketika pola cuaca menjadi semakin tidak dapat diprediksi, kota-kota di Indonesia secara rutin dihadapkan pada tantangan peristiwa cuaca ekstrem. Kurangnya akses untuk informasi yang valid dan realtime menghasilkan kemampuan bagi BNPB untuk menciptakan inovasi yang berfungsi untuk memetakan daerah bencana serta memperkirakan konflik yang akan timbul.

Dengan memberikan informasi bencana yang valid, memungkinkan masyarakat untuk menyelamatkan diri dan membagikan informasi tersebut. PetaBencana.id memanfaatkan semua penduduk, untuk berpartisipasi dalam platform ini melalui media sosial dan pesan instan. Kekuatan media sosial ini dimanfaatkan untuk mendapat laporan kejadian bencana secara cepat. Sesuai azas dan prinsipnya, penanggulangan bencana harus dilakukan secara cepat dan tepat.

Platform ini dirancang untuk beroperasi bersama dengan platform lain yang telah ada, seperti aplikasi perpesanan, media sosial, dan pesan singkat. Inovasi ini ditujukan bagi masyarakat umum, terutama masyarakat kelas menengah ke bawah dan masyakarat dengan akses sarana yang terbatas. Sejak diluncurkan pada Desember 2015, PetaBencana.id telah diakses 737.102 kali oleh 361.478 pengguna.

Sebelum diusulkan ke UNPSA, Kementerian PANRB menggelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dan terus melakukan pendampingan. Inovasi PetaBencana.id ikut serta dalam KIPP tahun 2017 dan berhasil masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik.

Dalam kategori yang sama pada UNPSA 2019, Argentina juga menjadi juara untuk kawasan Amerika Latin, dan Karibia. Argentina juara dengan inovasinya yang bernama Model Bisnis Sosial, Sinergi, dan Berkelanjutan. Untuk kawasan Eropa Barat dalam kategori yang sama, Portugal menjadi juara dengan inovasi berjudul Pusat Dukungan Nasional untuk Integrasi Migran.

Anugerah ini adalah pengakuan internasional paling prestisius atas keunggulan dalam inovasi pelayanan publik. Ini merupakan penghargaan prestasi kreatif dan kontribusi lembaga layanan publik yang mengarah pada administrasi publik yang lebih efektif dan responsif di negara-negara di seluruh dunia. Melalui kompetisi tahunan, UNPSA mempromosikan peran, profesionalisme, dan visibilitas layanan publik. (don/HUMAS MENPANRB)

Sumber: SIARAN PERS KEMENTERIAN PANRB 24 JUNI 2019 - 279/HUMAS-MENPANRB/2019

JAKARTA. Pertemuan Delegasi Federación Colombiana de Municipios (FCM) atau Asosiasi Pemerintah Daerah Kolombia dengan APEKSI diselenggarakan di Kedutaan Besar Kolombia Jakarta.

Dari APEKSI hadir Ketua, Wakil Ketua (Walikota Jambi), Pengawas (Walikota Binjai) dan Ketua Komwil IV (Walikota Batu) dan Perwakilan dari Pemerintah Kota Ambon.

Kegiatan diawali dengan sambutan perkenalan dari Duta Besar Kolombia Untuk Indonesia, dilanjutkan dengan paparan, diskusi dan tanya jawab. Paparan APEKSI disampaikan oleh Ketua dan dari Perwakilan FCM. 

Delegasi FCM terdiri 27 Walikota dari Kolombia dan 3 Pendamping. FCM sangat ingin membangun kerjasama dengan APEKSI, untuk saling berbagi pengalaman dengan kota-kota di Indonesia.

Berita & Artikel Kota Inklusif

AGENDA|EVENTS

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x


 

Milis | Mailing List

Berlangganan milis kami | Subscribe to our mailing list
Please wait

Flag Counter

black shapes

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi 2018

Profil dalam Bahasa Indonesia - Profile in English | Presentasi Profil dalam Bahasa Indonesia - Profile Presentation in English

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
 

  
 
apeksipeta

Mitra | Partners

yipdbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasia

 

© 2000-2019 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities