LocaliseSDGs
Tuesday November 19, 2019

Leadership Ownership and Capabilities for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholder Empowerment

Pemerintah Daerah adalah pemain kunci dalam pencapaian Agenda 2030 atau disebut juga Sustainable Development Goals (SDGs) / Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Pelibatan Pemerintahan Daerah dalam pelaksanaan TPB adalah aktivitas advokasi yang sedang dilakukan oleh UCLG -ASPAC (United Cities and Local Government – Asia Pasific)dengan penekanan pada pentingnya melokalkan TPB sebagai proses dari pemberdayaan Pemerintah Daerah.

UCLG ASPAC, bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintaan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan dukungan Uni Eropa, menjalankan perannnya sebagai bagian SDGs Global Task Force melalui pembentukan program melokalkan SDGs di Indonesia. Program LOCALISE – Leadership, Ownership, Capacity for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholders Empowerment menjadikan Peraturan Presiden no 59 Tahun 2018 tentang pelaksanaan TPB sebagai payung hukum di tataran nasional.


 

JAKARTA. APEKSI berkolaborasi dengan UCLG-ASPAC dengan dukungan dari Uni Eropa beserta Tanoto Foundation, Bappenas, KPPOD, IAP2, PT Sarana Multi Infrastruktur dan Filantropi Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Nasional II dengan tema, "Penguatan Peran Pemerintah Daerah pada Implementasi TPB" tanggal 24-25 Juli 2019 di Hotel Ashey Jakarta.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan-sambutan, antara lain: Direktur Eksekutif APEKSi, Tanoto Foundation, Bappenas dan Uni Eropa.

Tujuan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan dua hari ini, antara lain untuk peningkatan kapasitas bagi Pemerintah Daerah, berbagi pengetahuan, diskusi dan inovasi. 

IMG 20181219 174945

Kegiatan Pelatihan Diplomasi Kota hari ke 2 diawali dengan narasumber seorang diplomat senior, Boer Mauna yang pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk negara Mesir dan Maroko serta di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Sesi Coaching Clinic mengenai kerjasama luar negeri, dengan coach dari: DKI Jakarta, Surabaya dan Bogor. Potensi Daerah dalam kerjasama luar negeri disampaikan narasumber dari Kemenlu.

Dilanjutkan dengan show case dimana para peserta membuat poster yang 'menjual' dengan bekal dari narasumber-narasumber sebelumnya. Sesi Networking, menampilkan ADB Indonesia, GCOM dan Kedutaan Kerajaan Belanda sebagai narasumber.

Dokumen terkait kegiatan ini dapat diunduh/download di website LOCALISE SDGs atau Library atau http://apeksi.xyz/diplomasikota.

 

IMG 20181219 070520

JAKARTA. APEKSI dan UCLG ASPAC menyelenggarakan Pelatihan Diplomasi Kota tanggal 18-19 Desember 2018 di Hotel Aryaduta Jakarta merupakan rangkaian dari Program LOCALISE SDGs yang didanai oleh Uni Eropa. 

Kegiatan hari pertama ini, diawali dengan sambutan dan dibuka oleh Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC serta sambutan dari Representatif Uni Eropa di Indonesia, dilanjutkan dengan agenda: panel, tanya jawab dan dIskusi kelompok. Narasumber, antara lain dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Badan Perencana Pembangunan Nasional, APEKSI dan Citiasia Inc.

Tujuan pelatihan, antara lain:

  • Untuk meningkatkan kerjasama antar pemerintah daerah secara internasional yang efektif dan terencana
  • Membantu pelaksanaan kerjasama antar pemerintah daerah secara internasional yang dapat terukur
  • Meningkatkan pemahaman pemerintah daerah mengenai kebijakan luar negeri dan diplomasi secara internasional
  • Mendorong keterlibatan pemerintah daerah di arena internasional

JAKARTA. Hari ini APEKSI berkolaborasi dengan UCLG-ASPAC menyelenggarakan Pelatihan Nasional, "Melokalkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan: Membangun Kesadaran TPB di Daerah" hingga 29 Agustus 2018 di The Aryaduta Hotel - Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh Sekjen UCLG-ASPAC dan dilanjutkan perkenalan suluruh peserta pelatihan nasional serta pengkayaan wacana oleh United Nations Development Programme (UNDP) dan Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI).

Pelatihan selama dua hari ini mencakup Isu: (1) Latar Belakang Agenda Global dan Peran Pemerintah Lokal; (2) Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Indonesia: Definisi, Rencana, dan Program; (3) Perencanaan Kebijakan Terpadu untuk TPB; (4) Membangun lingkungan yang mendukung untuk TPB; (5) Kemitraan multipihak untuk TPB.

JAKARTA. APEKSI berkolaborasi dengan UCLG ASPAC yang didukung oleh UNI EROPA menyelenggarakan Kick Off Workshop LOCALISE SDGs, dengan tema "Melokalkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Melalui Inovasi Daerah di Indonesia" di Hotel JW Luwansa Jakarta.

Kegiatan diawali menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, antara lain: Sekretaris Jenderal UCLG ASCPAC, Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Kepala Delegasi UNI EROPA untuk Indonesia & Brunei, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri sekaligus membuka workshop ini.

Sesi Panel: Sesi I  - Inovasi Daerah Dalam Pencapaian TPB Indonesia, Sesi II - LOCALISE SDGs Project dan Sesi III - Peran Penting Inovasi Daerah dalam Perencanaan Pembangunan Nasional dan Daerah untuk Pencapaian TPB.

 

 

Kota Barcelona dan Fira Barcelona mengundang APEKSI untuk menghadiri Smart City Expo World Congress ke-9 yang akan berlangsung tanggal 19-21 November 2019 di Kota Barcelona, Spanyol.

Kota adalah pendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, kemakmuran dan kesejahteraan sosial. Tantangan dunia global sangat besar. Dalam menghadapinya, dibutuhkan pendekatan holistik dan trans-disipliner yang memungkinkan untuk memahami peran kepemimpinan kota dan banyaknya sistem yang saling berinteraksi, baik teknis, finansial atau sosial.

Smart City Expo World Congress dimulai pada tahun 2011 dengan visi mengkatalisasi inisiatif cerdas menjadi kota yang berkelanjutan dan berkembang. Delapan tahun kemudian, kegiatan ini disambut sebagai acara terkemuka di dunia untuk kota-kota. Pada setiap bulan November acara ini menyambut para pemangku kepentingan perkotaan tingkat tertinggi: pemerintah, organisasi internasional, perusahaan, wirausahawan, pemula, peneliti dan inisiatif warga.

Kota Barcelona siap menyambut lebih dari 21.300 pengunjung profesional dan lebih dari 844 peserta pameran, bersama dengan perwakilan tingkat tinggi dari lebih dari 700 kota dari 146 negara, yang banyak di antaranya akan memamerkan proyek mereka di salah satu 60 paviliun dari kota dan negara. Diharapkan sebagai kongres yang paling menggairahkan dan produktif hingga saat ini, yang menghadirkan lebih dari 400 pakar dan pemikir terkemuka internasional selama acara 3 hari.

 

 

Pada Kongres ini, we dare to keep on dreaming of a smart urban revolution/berani terus memimpikan kota pintar yang revolusi di mana solusi iklim inovatif berjalan seiring dengan pertumbuhan ekonomi, kota-kota tangguh yang berkembang dalam tantangan dunia, kota-kota di mana transportasi hidup berdampingan dengan opsi mobilitas baru, yang menangani masalah keamanan dan privasi dan kota inklusif di mana kolaborasi menjadi fokus utama membangun masa depan yang lebih baik.

Tetap berkomitmen untuk membangun komunitas urban di mana kota-kota bertemu kota-kota lain, menyatukan pengetahuan mereka dan menemukan solusi terdepan dan tempat perusahaan berbisnis. Tempat untuk berbagi penelitian dan best practices/praktik terbaik, untuk menjalin kemitraan strategis dan mempromosikan pemikiran out-of-the-box dan pada akhirnya, platform jaringan luar biasa untuk menghubungkan orang-orang yang bekerja di dalam dan dengan kota-kota di seluruh dunia yang menghadapi tantangan serupa dan menghasilkan peluang untuk aksi.

APEKSI menjalin kerjasama dengan Fira Barcelona selaku penyelenggara dan Atase Perdagangan Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia berharap anggota APEKSI dapat mengikuti kegiatan yang penting ini dan dapat memberikan informasi kehadirannya segera untuk mendapatkan harga tiket khusus dalam kongres dan expo.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. Devy Munir (Manajer Komunikasi dan Informasi) di nomor HP +62 81223234980 atau email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

Undangan atau dokumen pendukung lainnya dapat diunduh/download di Library atau apeksi.xyz/scewc2019.


 



 

black shapes

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia | Association of Indonesia Municipalities

PROFIL APEKSI | APEKSI PROFILE

profil apeksi 2018

Profil dalam Bahasa Indonesia - Profile in English | Presentasi Profil dalam Bahasa Indonesia - Profile Presentation in English

Direktorat Eksekutif | Executive Directorate

Alamat | Address:
Rasuna Office Park III Unit WO. 06-09
Rasuna Epicentrum Complex 
Jl. Taman Rasuna Selatan - Kuningan - Setiabudi
Jakarta Selatan 12960
INDONESIA
Tel: +62-21 2947 5423 | +62-21 8370 4703
Fax: +62-21 8370 4733
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 
 

  
 
apeksipeta

Mitra | Partners

yipdbnnbpomposindonesiacimgizicleiicmamercycorps indonesiauclg-ascpaunescounisdrworldbanku pertaminatauiktiiantheusinmarkcommcitiasia

 

© 2000-2019 APEKSI | Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia - AIM | Association of Indonesia Municipalities